Minggu, 15 September 2013

FEP Bina Nusantara University VS Ospek



Hello, blog readers! Nama saya Dicky Almoedir Pitra. Saya mahasiswa baru di Bina Nusantara University, saya mengambil jurusan TI global class. Di kesempatan kali ini saya akan membahas apa itu FEP di Binus University? Dan gunanya FEP bagi mahasiswa baru. FEP itu singkatan dari Freshmen Enrichment Program. FEP itu sendiri terbagi menjadi tiga bagian yaitu, General Orientation (GO),  Academic Orientation (AO), dan Campus Life Orientation. Di FEP itu sendiri ada yang namanya Buddy Coordinator (BC) adalah senior-senior kami yang baik hati dan sebutan Buddy untuk mahasiswa baru.

General Orientation adalah awal dimana para BC mengenalkan kepada para Buddy gimana sih kehidupan di kampus, memperkenalkan kegiatan organisasi mahasiswa, dan yang paling utama membangun keakraban antar Buddy dan antar Buddy dan BC. Di GO ini saya merasakan banyak sekali manfaatnya, terutama saya bisa mendapatkan banyak teman dan bisa mengenal dekat senior-senior tanpa rasa takut. Di sesi kebersamaan, setiap kelas wajib menampil yel-yelnya masing dan di sesi inilah yang seru, tapi sayangnya di sesi ini tidak ada kebebasan para Buddy untuk berkenalan antar Buddy yang ada dikelas lain. But GO is still helpfull and fun. Dihari yang kami tunggu-tunggu datang juga,  yaitu hari dimana kami di sah kan sebagai mahasiswa Binus University. Para mahasiswa baru diundang ke acara inaugurasi di JCC (Jakarta Convention Center) pada tanggal 3 September 2013, itulah hari terakhir General Orientation. Disana terdapat ribuan mahasiswa baru Binus University, dan acaranya dibagi menjadi dua shift, yaitu shift satu dan dua, itu dibagi mungkin karena banyaknya mahasiswa baru yang ingin menjadi Binusian. Binus kan tempatnya para anak gaul dan rajin belajar kali yaa.. hahaha. Di inaugurasi itu ada acara formal dan non-formal. Di acara formal itu, kami di sahkan menjadi mahasiswa baru dengan cara memakaikan almamater merah maroon kebanggaan kami secara bersamaan, dan disana juga ada para rektor. Di acara non-formal, itu saatnya para mahasiswa baru terutama para senior untuk unjuk gigi, disana mereka menampilkan bakat-bakat yang mereka miliki dan juga ada beberapa UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang unjuk gigi. Penampilan yang paling memukau itu adalah PARAMABIRA, secara mereka udah pernah menang di ajang internasional, tepatnya sih di Prancis, keren gak tuh UKM yang satu ini.      

Academic Orientation adalah pembiasaan awal mahasiswa baru dalam mengikuti perkuliahaan di Binus University. Di AO ini saya juga merasakan banyak sekali manfaatnya, dimana dosen yang akan mengajar kami di masa perkuliahan nanti sudah mulai mengajarkan kami konsep dasar mata kuliah kami, mungkin agar kami terbiasa dalam masa perkuliahan nanti. Banyak hal yang baru saya dapatkan disini. Setelah AO ini ada yang namanya Campus Life Orientation disitulah awal perkuliahan kami dimulai.

Selama FEP ini berlangsung kami mengumpulkan Point SAT setelah lulus FEP kami mendapat point SAT 85-100. Point itu berguna supaya kami bisa diwisuda, untuk bias wisuda kami harus menambah point SAT sampai 120 atau lebih dengan cara mendapatkan sertifikat-sertifikat apa saja. Agak sedikit sulit dan menyebalkan sih untuk menambah poinnya, tetapi keuntungan dari itu adalah kita bisa mempunyai banyak sertifikat untuk di lampirin di surat lamaran kita nanti, hehehehe….

Kesimpulannya, FEP itu sangat berguna bagi saya pribadi dibandingkan dengan ospek-ospek yang gak jelas di universitas lainnya. Mungkin hal ini juga kali yah, yang membuat Binus University manjadi universitas swasta unggulan di Indonesia, two thumbs up for Binus University.  

That's all and enjoy it all! :D









     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar